031 – 51501556 / 085 - 100903710 asia_baru@hotmail.com

asiabaru.com – Packaging Unik itu pentingHalo selamat datang kembali di asiabaru.com. pada kesempatan kali ini asiabaru.com akan berbagi info tentang bagaimna membuat packaging produk kamu jadi lebih menarik. Karena tahukah kamu bahwa Desain kemasan atau packaging merupakan elemen penting dalam kesuksesan peluncuran produk. Jadi tidak hanya terletak pada kualitas dan performa produk saja, Packaging yang menarik juga perlu diperhitungkan untuk marketing.

Untuk representasi dan branding binis , packaging haruslah menarik

Packaging memegang peranan penting dalam bidang marketing. Berdasarkan laporan dari Pelican Communications, packaging mampu meningkatkan keputusan konsumen hingga 38.5% pada saat berbelanja. Ketika membuat desain packaging, kamu akan mempunyai pertanyaan apakah packaging harus diutamakan atau tidak? Pada dasarnya packaging menjadi pelindung produk, kemasan produk, sumber informasi bagi konsumen, dan daya tarik agar produk kamu mampu bersaing dengan produk lainnya. Oleh karena itu desain packaging produk kamu harus dibuat semenarik mungkin. Inilah alasan mengapa desain packaging itu penting :

 

  1. Representasi Brand Bisnis

Warna, font, dan logo bisa merepresentasikan bisnis kamu yaitu bagaimana kamu menceritakan identitas bisnis kamu.  Desain packaging produk yang baik akan merepresentasikan bisnis sesuai dengan karakternya. Selain itu bentuk kemasan juga perlu disesuaikan sehingga tampilannya menarik, apakah menggunakan botol, box atau lainnya. Dengan memadukan semua itu maka customer akan memahami bahwa packaging tersebut milik bisnis kamu.

  1. Menarik Minat Customer

Salah satu fungsi packaging produk adalah untuk menarik perhatian calon pembeli. Jika tidak memiliki desain yang menarik, maka produk kamu hanya akan menjadi pajangan saja di rak toko. Karena alasan ini, banyak pemilik bisnis yang bermain dengan skema warna dan desain yang menarik demi meningkatkan daya tarik produk mereka.

  1. Pembeda Dengan Kompetitor

Berdasarkan data infografis dari Paper Worker menunjukan bahwa penggunaan warna pada packaging dapat membantu konsumen untuk membedakan bisnis kamu dengan kompetitor. Bahkan jika kamu menggunakan skema warna yang kuat. Misalnya Belvita yang identik dengan warna kuning. Apapun kemasan dan rasanya, perusahaan tersebut tetap menggunakan warna kuning.

 

 

  1. Meningkatkan Profesionalitas Brand

Ada banyak cara agar packaging produk dapat meningkatkan profesionalitas brand. Seperti misalnya menggunakan deskripsi produk yang singkat dan mudah dipahami, tampilan grafis yang kuat dan menarik, dan pemilihan material bahan kemasan yang berkualitas. Namun jika kamu memiliki alokasi budget minim untuk packaging, maka material standar pun tetap dapat terlihat prosfesional jika menggunakan desain yang maksimal

 

  1. Mempengaruhi Keputusan Potential Customer

Selain itu Packaging produk juga memuat kompsosisi bahan dan informasi nutrisi produk. Pada dasarnya informasi ini dapat mempengaruhi keputusan potensial customer untuk membeli produk kamu. Misalnya mereka yang sedang diet maka akan mencari makanan rendah kalori, atau bagi yang muslim akan melihat komposisi bahan dan label halal.

  1. Menghilangkan Kesan Bosan

Desain packaging yang sederhana bukan berarti membosankan. Kemasan produk boleh terlihat minimalis namun harus tetap tegas dan menarik. Misalnya penggunaan warna-warna pucat atau pastel yang akan membuat produk kamu terlihat menarik dan berbeda dengan produk lainnya. Disaat produk lain menggunakan warna mencolok, maka produk Anda akan terlihat menarik meskipun menggunakan warna pucat atau pastel yang sangat sederhana.

 

  1. Meningkatkan Branding

Packaging produk akan semakin efektif jika kamu mampu mengimbangi antara indentitas brand dan desain yang menarik. Banyak diantara pemilik bisnis yang cenderung memaksimalkan branding dibandingkan desain yang menarik, begitupun sebaliknya. Hasilnya pembeli akan bingung dengan produk yang mereka konsumsi. Sebagai contoh, coba perhatikan cara Starbucks dalam melakukan rebranding.

Mereka menyederhanakan logo Starbuck, tapi membuat logo tersebut menjadi lebih mudah untuk diingat. Packaging produk juga hanya dilengkapi dengan logo saja, tanpa penjelasan apapun namun semua orang mengetahui bahwa itu adalah produk Starbucks. Selain itu tulisan “Starbuck Coffe” juga diubah menjadi hanya “Starbucks” untuk menekankan bahwa mereka juga menjual produk lainnya seperti teh, dan makanan lainnya.

Perlu diingat bahwa salah satu fungsi packaging produk adalah untuk berkomunikasi dengan customer. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan mendapatkan perhatian customer melalui desain packaging product yang menarik. Selain itu kamu pun dapat meningkatkan kualitas packaging dengan penggunaan material bahan dan proses cetak yang bermutu.

Ok, sekian dulu artikel yang bisa asiabaru.com berikan di kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah refrensi kamu untuk menjadikan produk brand kamu jadi lebih keren. See you !

 

error: Content is protected !!
WhatsApp chat