031 – 51501556 / 085 - 100903710 asia_baru@hotmail.com

asiabaru.com – Perhatian dengan Pakaging Makanan, Makin Nikmat Bisnis Kulinermu. Halo gaes ketemu lagi sama asiabaru.com. Tidak jauh-jauh dengan tema artikel yang kita bahas kemarin, kita akan membahas tentang kardus kembali. Namun kali ini, asiabaru.com akan mengulas tentang bagaimana memilih packaging yang baik untuk produk kuliner kamu supaya konsumen makin percaya dengan produk makanan kamu.

Jika kamu berniat ingin membuka bisnis kuliner, selain memperhitungkan rasa yang nikmat, satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah pemilihan packaging produk makananmu. Packaging ini dapat menjadi ciri khas sekaligus branding yang dapat mendorong masyarakat untuk membeli produk kamu. Oleh karena itu, perlu dipikirkan bagaimana sebaiknya packaging yang hendak digunakan. Beberapa poin penting untuk menjadi acuan packaging produk makanan kamu ialah

Kemasan sebagai sarana promosi
kemasan yang unik, berkarakter, dan tampil berbeda dari produk makanan lain merupakan aspek kemasan sebagai saran promosi. untuk mendapatkan packaging tersebut sangatlah mudah. anda tinggal hubungi Contact Person asiabaru.com untuk menyediakan layanan pembuatan kemasan makanan sekaligus dengan designya.

  • Bahaya styrofoam sebagai dus makanan
    Selain memiliki fungsi promosi, hal lain yang tidak boleh kamu lupakan dalam hal pemilihan bahan kemasan. Untuk makanan sebaiknya hindari wadah yang terbuat dari styrofoam. Styrofoam sangat tidak direkomendasikan sebagai wadah makanan karena bahan pembuatnya, yaitu Kopolimer Styrene berpotensi untuk menyebabkan gangguan kesehatan yang parah. Bahan pembuat styrofoam ini bisa memicu gangguan pada syaraf, mengganggu aktifitas hormon pada wanita sehingga siklus datang bulan menjadi kacau, dan mengaktifkan sel kanker prostat dan payudara. Oleh karena itu WHO memasukkan bahan ini sebagai zat karsinogenik atau pemicu munculnya kanker. Dampak buruk styrofoam ini akan semakin kuat saat terkena panas dari makanan, alkohol, lemak tinggi, dan asam. Semakin sering Anda menyantap hidangan yang dibungkus dengan wadah styrofoam ini, maka akan semakin besar pula potensi Anda terserang aneka gangguan kesehatan tersebut.

 

  • Memilih wadah yang aman untuk makanan
    Sebagai pengusaha kuliner muda yang profesional, kamu juga perlu mempertimbangkan kesehatan konsumennya dalam menyajikan produknya termasuk dalam hal kemasan makanan. Oleh karena itu pilih wadah yang terbuat dari bahan dasar food grade atau kertas food grade. Bahan ini telah diuji dan terbukti tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan logam yang  berdampak negatif bagi kesehatan. Makanan yang dibungkus dengan dus makanan berbahan kertas food grade aman untuk disantap konsumen.

 

  • Menggunakan Varnish OPV
    Selain memperhatikan bahan dasar kemasan makanan, cermati juga bahan penghias kemasan makanan. Varnish OPV yang dibuat dengan proses ultra violet untuk membuat kemasan makanan terlihat mengkilap juga berbahaya bagi kesehatan. Sementara yang dianjurkan sebagai penghias kardus kemasan makanan yang sehat adalah varnish yang berbahan dasar air atau water based.

 

Demikian ulasan panjang lebar asiabaru.com mengenai tips memilih kemasan makanan yang aman untuk konsumen. Jika kamu tertarik untuk berbisnis kuliner sebaiknya perhatikan beberapa poin di atas. Thank you guys udah baca artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat jangan lupa share ya!

error: Content is protected !!
WhatsApp chat