Setiap makanan yang pada umumnya kita beli, biasannya cetak packaging kemasan makanan sendiri, dari bentuk box bento, tray dan lunch box. Untuk cetak packaging makanan ini butuh suatu desain dan brand yang kuat. Pada umumnya ketika seseorang yang memiliki bisnis kuliner, mereka akan sangat concern dan fokus di packaging makanan. Hal ini terjadi karena packaging / kemasan makanan menjadi salah satu branding yang penting dalam bisnis kuliner.

Banyak sekali aspek yang harus direncanakan sebelum mencetak kemasan makanan, diantaranya adalah bentuk, material, warna, agar brand produk ini teringat oleh customer. Dengan kemasan yang baik dan menarik, akan membangun suatu brand lebih meningkat dan juga meningkatkan penjualan lebih besar lagi. Biasannya untuk cetak packaging / kemasan makanan yang menarik, pegiat kuliner melibatkan customer untuk cetak packaging makanan tersebut, karena jika suatu brand kuliner mampu membuat kemasan yang menarik dan berbeda dengan bisnis kuliner pada umumnnya, customer akan dengan mudah beralih ke brand kuliner yang lebih menarik, walaupun keunggulanya hanya berupa desain kemasan makanan saja.

UCScreenshot20171110210228

Ada berbagai fungsi yang harus diperhatikan ketika membuat kemasan makanan yang dapat meningkatkan brand dan memuaskan kenyamanan dari customer, diantaranya :

  • Fungsi Kemasan Makanan Secara Promotional
    Untuk cetak kemasan makanan yang memuaskan konsumen dan mampu memberi efek promosi, harus mempertimbangkan material, warna dan ukuran. Untuk memaksimalkan hal ini, kemasan harus memikat konsumen secara personal. Konsumen rela membayar lebih mahal, jika makanan dan kemasan yang dibeli menarik, titik utama dari packaging kemasan makanan adalah menarik. Di jaman digital sekarang ini, jika ada sesuatu yang menarik dan kekinian, orang – orang akan dengan mudahnya memfotonya dan memasukannya ke dalam social media mereka. Ini bisa dikatakan promosi yang meningkatkan efektifitas brand, karena social media sifatnnya seperti pemasaran dari mulut ke mulut.
  • Fungsi Kemasan Makanan Secara Protektif
    Dengan cetak kemasan yang protektif membuat pengemasan Anda banyak disukai oleh pelanggan. Bukan hanya berpromosi, tetapi aspek yang harus diperhatikan adalah kenyamanan kemasan makanan saat pelanggan menggunakan kemasan makanan tersebut.

Ada beberapa hal lain yang mesti Anda ketahui, bahwa kemasan makanan untuk melindungi makanan dari kerusakaan, kehancuran, busuk dan lainnya. Contohnnya saja, jika Anda memiliki bisnis kuliner seperti mie ayam, jika packagingnya tidak kuat menahan kuah dan bau mie ayam, maka impresi dari pelanggan akan buruk kepada brand Anda sendiri.

Karena itu untuk membuat suatu brand kuliner, aspek dalam kenyamanan pacakaging / kemasan makanan sudah menjadi faktor penting dari pegiat bisnis kuliner, karena itu menjadi suatu hal yang bisa meningkatkan brand Anda ataupun menjatuhkan brand Anda. Bentuk fisik atau kualitas harus diperhatikan baik baik sebelum membuat packaging / kemasan makanan.