031 – 51501556 / 085 - 100903710 asia_baru@hotmail.com

asiabaru.com – Jenis Jenis Kemasan Kertas. Hai gaes, apa kabar? Semoga kabar kalian baik dan bahagia sehingga bisa baca artikel yang asiabaru.com post hari ini. Pada kesempatan hari ini asiabaru.com mengangkat judul artikel  Jenis-Jenis Kemasan Kertas.

 

Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang pertama sebelum ditemukannya plastik dan aluminium foil. Hingga saat ini kemasan kertas masih banyak digunakan digunakan dan mampu bersaing dengan kemasan lain seperti plastik dan logam karena harganya yang murah, mudah diperoleh dan penggunaanya yang luas. Untuk jenis kemasan kertas dapat dibedakan menjadi 6 jenis utama. Berikut adalah jenis kertas yang biasa kita jumpai pada dunia kemasan.

  1. Karton Bergelombang

Kertas karton bergelombang merupakan karton yang terdiri atas bagian bergelombang yang kedua sisinya ditutup dengan lembaran karton yang direkatkan, bagian ini disebut liner. Karena konstruksi gelombang tersebut, karton bergelombang single dan double memiliki sifat yang kaku sehingga bisa digunakan untuk keperluan transportasi yang menjadikan karton ini dapat meredam getaran atau tekanan. Karton bergelombang ini biasanya digunakan sebagai kemasan sekunder.

karton bergelombang - Jenis jenis kemasan kertas

karton bergelombang – Jenis jenis kemasan kertas

  1. Kertas Laminasi

Kertas yang permukaannya dilaminasi dengan menggunakan bahan lain. Bahan untuk melaminasi yang biasanya digunakan adalah plastik, alumunium foil, lilin, dan sebagainya. Kertas ini mempunyai warna kecoklatan. Pada penggunaannya sebagai kemasan, kertas laminasi biasanya direkatkan dengan menggunakan panas dan terdapat dalam bentuk kantung ataupun kotak. Contoh kemasan yang terbuat dari bahan kertas lapis adalah tetra pack yang terdiri dari lilin, karton, alumunium foil, dan polietilen.

kertas laminasi - jenis jenis kemasan kertas

kertas laminasi – jenis jenis kemasan kertas

 

 

  1. Kertas Glasin

Merupakan kertas yang tahan terhadap minyak dan lemak, tidak tahan air, penutupan kemasan cukup mudah karena sifatnya yang tipis sehingga mudah dibentuk. Kertas glasin dapat digunakan untuk produk yang mempunyai kadar minyak berlebih sehingga minyaknya terserap dan menjadi berkurang. Biasanya digunakan untuk mengemas mentega, keju, permen dan produk-produk kering karena mempunyai daya serap minyak yang baik.Permukaan kertas glasin licin karena adanya proses pengecatan (calendaring).

kertas glasin - jenis jenis kemasan kertas

kertas glasin – jenis jenis kemasan kertas

 

  1. Kertas Perkamen 

Merupakan kertas yang tembus pandang (transparan) tetapi kertas jenis perkamen ini mempunyai tekstur yang lebih kasar jika dibandingkan dengan kertas glasin dan minyak, permukaan yang licin, dan jika terdekorasi mempunyai efek pewarnaan yang baik. Kertas perkamen biasanya digunakan sebagai kemasan mentega, keju dalam bentuk bungkusan, dan juga dapat digunakan sebagai label. Kertas jenis ini dibuat dengan proses sulfiric acid serta proses pengelantangan (bleaching) sehingga kertas jenis ini mempunyai sifat yang tahan dalam keadaan basah, mempunyai ketahanan yang baik terhadap lemak, tidak terang (baur).

kertas perkamen - jenis jenis kemasan kertas

kertas perkamen – jenis jenis kemasan kertas

 

  1. Kertas Roti

Mempunyai sifat tidak mudah lengket pada bahan pangan, maka kertas jenis ini sering digunakan sebagai alas ataupun sebagai pembungkus. Sesuai dengan namanya kertas roti ini biasanya digunakan untuk membungkus roti dan juga dapat sebagai alas untuk mencetak kue agar tidak lengket.

kertas roti - jenis jenis kemasan kertas

kertas roti – jenis jenis kemasan kertas

  1. . Kertas kraft

Berwarna coklat merupakan warna alami hasil dari pembleachingan. Kertas kraft mempunyai tekstur yang sangat kuat karena proses pembuatannya yang menggunakan sulfat dan perlakuan bleaching atau pemucatan. Karena teksturnya yang sangat kuat sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk mengemas bahan yang mempunyai berat jenis yang besar. Selain itu juga biasanya digunakan sebagai kemasan sekunder dalam bentuk kantung, sak, pembungkus, tabung kaleng komposit, amplop, dan dapat dibuat karung dan sebagai pelapis papan bergelombang. Kertas ini sering digunakan karena harganya yang murah. Ketebalan dari kertas kraft ini sekitar 10-180 g/m2 dan juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan. Untuk pengemasan produk yang bersifat cair kemasan kertas dikombinasikan dengan bahan kemasan lain misalnya plastic atau alumunium foil.

kertas kraft - jenis jenis kemasan kertas

kertas kraft – jenis jenis kemasan kertas

 

Itulah enam jenis kertas yang umum digunakan untuk kemasan. Dari ke-enam jenis kertas diatas manakah yang kalian pakai untuk packaging produk kalian ? Ok sampai disini dulu artikel yang bisa asiabaru.com bagikan. Seperti biasa semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang Jenis-Jenis Kemasan Kertas. See You Gaes ..!

 

 

 

 

error: Content is protected !!
WhatsApp chat